Abstraksi
Pada bidang telematika ada beberapa teknologi yang terkait
pada bagian antar muka yaitu, head up display system, tangible user interface, browsing
audio data, computer vision, speech recognition, speech synthesis. Pada
penulisan ini, penulis akan membahas tentang speech recognition.
Kata kunci : antar muka,teknologi, telematika
1. Latar Belakang
Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan
barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam
menjadi alat-alat sederhana. Penemuan prasejarah tentang kemampuan
mengendalikan api telah menaikkan ketersediaan sumber-sumber pangan, sedangkan
penciptaan roda telah membantu manusia dalam beperjalanan dan mengendalikan
lingkungan mereka. Perkembangan teknologi terbaru, termasuk di antaranya mesin
cetak, telepon, dan Internet, telah memperkecil hambatan fisik terhadap
komunikasi dan memungkinkan manusia untuk berinteraksi secara bebas dalam skala
global. Tetapi, tidak semua teknologi digunakan untuk tujuan damai;
pengembangan senjata penghancur yang semakin hebat telah berlangsung sepanjang sejarah,
dari pentungan sampai senjata nuklir.
Antarmuka pengguna (bahasa Inggris: user interface)
merupakan bentuk tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna
(user). Antarmuka pengguna berfungsi untuk menghubungkan antara pengguna dengan
sistem operasi, sehingga komputer tersebut bisa digunakan. Antarmuka pengguna
untuk industri gula dengan menggunakan pushbotton
Antarmuka pengguna, dalam bidang desain industri interaksi
manusia-mesin, adalah sebuah tempat di mana interaksi antara manusia dan mesin
terjadi. Tujuan dari interaksi antara manusia dan mesin pada antarmuka pengguna
adalah pengoperasian dan kontrol mesin yang efektif, dan umpan balik dari mesin
yang membantu operator dalam membuat keputusan operasional. Contoh-contoh dari
konsep luas antarmuka pengguna ini termasuk aspek-aspek interaktif dari sistem
operasi komputer, alat-alat, kontrol operator mesin berat, dan kontrol proses.
Pertimbangan desain berlaku ketika membuat antarmuka pengguna yang berkaitan
atau melibatkan disiplin-disiplin ilmu seperti ergonomi dan psikologi
Sebuah antarmuka pengguna adalah sistem di mana pengguna
berinteraksi dengan mesin. Antarmuka pengguna mencakup perangkat keras dan
perangkat lunak. Antarmuka pengguna hadir untuk berbagai sistem, dan
menyediakan cara untuk:
Input, memungkinkan pengguna untuk memanipulasi sebuah
sistem
Output, memungkinkan sistem untuk menunjukan efek dari
manipulasi pengguna
Secara umum, tujuan dari teknik interaksi manusia-mesin
adalah untuk menghasilkan sebuah antarmuka pengguna yang membuatnya mudah,
efisien, dan menyenangkan untuk mengoperasikan sebuah mesin dengan cara yang
menghasilkan hasil yang diinginkan. Ini biasanya berarti bahwa operator harus
menyediakan input minimal untuk mencapai output yang diharapkan, dan juga bahwa
mesin harus meminimalkan output yang tidak diinginkan.
Salah satu teknologi yang terkait pada antar muka pada
bidang telematika adalah speech recognition. Dikenal juga dengan pengenal suara
otomatis (automatic speech recognition) atau pengenal suara komputer (computer
speech recognition). Merupakan salah satu fitur antarmuka telematika yang
merubah suara menjadi tulisan. Istilah ‘voice recognition’ terkadang digunakan
untuk menunjuk ke speech recognition dimana sistem pengenal dilatih untuk
menjadi pembicara istimewa, seperti pada kasus perangkat lunak untuk komputer
pribadi, oleh karena itu disana terdapat aspek dari pengenal pembicara, dimana
digunakan untuk mengenali siapa orang yang berbicara, untuk mengenali lebih
baik apa yang orang itu bicarakan. Speech recognition merupakan istilah masukan
yang berarti dapat mengartikan pembicaraan siapa saja.
2. Kesimpulan
Teknologi speech recognition, merupakan salah satu teknologi
yang paling dekat dengan lingkungan sekitar kita, contohnya ada pada gadget kita.
Teknologi yang ada pada sekarang ini semakin mempermudah kita dalam memproses
sebuah pekerjaan yang erat kaitannya dengan dunia komputerisasi.
3. Daftar Pustaka
[1] http://id.wikipedia.org/wiki/Antarmuka_pengguna
[2] http://ardiwit2.blogspot.com/2014/11/teknologi-yang-terkait-pada-antar-muka.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar