ABSTRAKSI
Istilah arsitektur mencakup merancang atau mendesain sebuah
aplikasi, atau dimana komponen yang membentuk suatu sistem diolah dan
ditempatkan agar komponen tersebut dapat berinteraksi. Arsitektur sistem harus
berdasarkan konfigurasi sistem secara keseluruhan yang akan menjadi tempat dari
DBMS, basis data dan aplikasi yang memanfaatkannya yang juga akan menentukan
bagaimana pemakai dapat berinteraksi dengannya. Sehingga dapat diartikan,
Arsitektur Telematika adalah sebuah aplikasi yang secara logic berada diantara
lapisan aplikasi (application layer dan lapisan data dari sebuah arsitektur
layer – layer TCP/IP) yang dapat meningkatkan hubungan jaringan komunikasi
dengan teknologi informasi.
1. Latar Belakang
Layanan informasi adalah layanan Bimbingan dan Konseling
yang memungkinkan peserta didik (klien) menerima dan memahami berbagai
informasi (seperti informasi pendidikan dan informasi jabatan) yang dapat
digunakan sebagai bahan pertimbangan dan pengambilan keputusan untuk
kepentingan peserta didik (klien). Klien tidak hanya peserta didik tetapi bisa
juga orang tua atau wali.
Layanan informasi bertujuan untuk membekali individu dengan
berbagi pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai hal yang berguna untuk
mengenal diri, merencanakan, dan mengembagkan pola kehodupan sebagai pelajar,
anggota keluarga dan masyarakat. Pemahaman yang diperoleh melalui layanan
informasi, digunakan sebagai bahan acuan dalam meningkatkan kegiatan dan
prestasi belajar, mengembangkan cita-cita, menyelenggarakan kehidupan
sehari-hari dalam mengambil sebuah keputusan.
Layanan informasi dapat diselenggarakan melalui ceramah,
tanya jawab, dan diskusi yang dilengkapi dengan peragaan, selebaran, tayangan
foto, film atau vidio, kunjungan ke perusahaan-perusahaan. Berbagai nara
sumber, baik dari sekolah sendiri, atau dari sekolah lain, dari lembaga-lembaga
pemerintah, maupun dari berbagai kalangan di masyarakat dapat diundang guna memberikan
informasi kepada peserta didik. Namun perlu diingat bahwa semua kegiatan
hendaknya direncenakan direncanakan secara matang.
Layanan informasi dapat dilaksanakan secara individual,
klasikal dan ataupun diselenggarakan secara umum. Dapat juga diberikan secara
lisan ataupun seperti jurnal, majalah, dan leaflet.
Layanan telematika yang pertama adalah layanan informasi.
Pada layanan ini telematika menggabungkan sistem komunikasi dengan kendaraan
yang bergerak seperti mobil untuk menawarkan layanan informasi yang disebut
GPS, Layanan ini menyatukan sistem komunikasi dengan kendaraan seperti mobil
untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Tujuan layanan informasi secara
umum adalah agar terkuasainya informasi tertentu sedangkan secara khusus terkait
dengan fungsi pemahaman (paham terhadap informasi yang diberikan) dan
memanfaatkan informasi dalam penyelesaian masalahnya.
2. Kesimpulan
Bahwa pada saat sekarang ini layanan informasi sudah banyak
dinikmati oleh banyak orang. Layanan informasi menjadikan individu mandiri
yaitu memahami dan menerima diri dan lingkungan secara positif, objektif dan
dinamis, mampu mengambil keputusan, mampu mengarahkan diri sesuai dengan
kebutuhannya tersebut dan akhirnya dapat mengaktualisasikan dirinya.
3. Daftar Pustaka
[1]
http://vianis117.blogspot.com/2014/10/layanan-telematika.html
[2]
http://randadado.blogspot.com/2014/10/layanan-telematika-informasi-keamanan.html
[3]
http://ardiwit2.blogspot.com/2014/11/layanan-informasilayanan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar