Selasa, 12 Mei 2015

Artikel mengenai etika Programmer, Web Design dan Sistem Analisis

WEB DESIGN

Desain web adalah istilah yang luas yang mencakup berbagai keterampilan dan disiplin ilmu yang digunakan dalam produksi dan pemeliharaan website berbagai bidang desain web meliputi; Web desain grafis, desain interface, authoring, termasuk kode standar dan perangkat lunak berpemilik, pengalaman pengguna desain dan optimasi mesin pencari. Seringkali banyak orang akan bekerja dalam tim yang mencakup berbagai aspek dari proses desain, meskipun beberapa desainer akan meliputi mereka semua. Desain web Istilah ini biasanya digunakan untuk menggambarkan proses desain yang berkaitan dengan front end-(sisi client) desain website termasuk menulis mark up, tapi ini adalah wilayah abu-abu karena hal ini juga dibahas oleh pengembangan web. Web desainer diharapkan memiliki kesadaran akan kegunaan dan jika peran mereka melibatkan menciptakan mark up maka mereka juga diharapkan untuk memperoleh informasi dengan pedoman aksesibilitas web.


Pekerjaan
Ada dua pekerjaan utama yang terlibat dalam menciptakan sebuah situs web: web designer dan web developer, yang sering bekerja sama pada sebuah situs web web designer bertanggung jawab untuk aspek visual, yang meliputi tata letak, warna dan tipografi dari. halaman web. Seorang perancang web juga akan memiliki pengetahuan dasar tentang menggunakan berbagai bahasa seperti HTML, CSS, JavaScript, PHP dan Flash untuk membuat situs, meskipun tingkat pengetahuan mereka akan berbeda dari satu desainer web yang lain. Terutama di organisasi kecil satu orang akan membutuhkan keterampilan yang diperlukan untuk merancang dan pemrograman halaman web penuh, sementara organisasi yang lebih besar mungkin memiliki web designer bertanggung jawab untuk aspek visual saja.

 Pekerjaan lebih lanjut, yang dalam keadaan tertentu mungkin terlibat dalam proses pembuatan website meliputi:
a.    Desainer grafis, untuk menciptakan visual untuk situs seperti logo, layout dan tombol
b.    Spesialis Internet Marketing, untuk membantu menjaga keberadaan web melalui solusi strategis pada penargetan pemirsa ke situs, dengan menggunakan teknik pemasaran dan promosi di internet.
c.    Penulis SEO, untuk penelitian dan merekomendasikan kata-kata yang tepat untuk dimasukkan ke situs web tertentu dan membuat situs web lebih mudah diakses dan ditemukan di search engine banyak.
d.    Internet Copywriter, untuk menciptakan konten yang ditulis halaman untuk menarik pemirsa yang ditargetkan dari situs.
e.    Pengalaman Pengguna (UX) desainer, menggabungkan aspek pertimbangan desain user terfokus yang meliputi arsitektur informasi, desain user berpusat, pengujian pengguna, desain interaksi, dan desain visual yang kadang-kadang

 

 

Sistem Analisis
1. DEFINISI SISTEM

 Sistem adalah sekumpulan unsur / elemen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalammelakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan.

Contoh :
Sistem Komputer terdiri dari : Software, Hardware, Brainware.

  Sistem Akuntansi

 2. MODEL UMUM SISTEM

Contoh :       

-  Program perhitungan Basic kita masukkan, setelah dijalankan kita dapatkan

   hasilnya.

- Data mahasiswa (nama, nilai) diproses menjadi daftar nilai semester (berupa laporan).

Sistem dengan banyak Input dan Output

Contoh :

Matriks masukannya banyak, keluarannyapun banyak.

 

3. KARAKTERISTIK SISTEM

     a. Organisasi

     b. Interaksi

     c. Interdependensi

     d. Integrasi

     e. Tujuan pokok

 

4. KLASIFIKASI  SISTEM

A. DETERMINISTIK SISTEM.

 Sistem dimana operasi-operasi (input/output) yang terjadi didalamnya  dapat ditentukan/   diketahui dengan pasti.

B. PROBABILISTIK SISTEM.

 Sistem yang input dan prosesnya dapat didefinisikan, tetapi output   yang

 dihasilkan tidak dapat ditentukan dengan pasti; (selalu ada  sedikit

 kesalahan/penyimpangan terhadap ramalan jalannya sistem).

C. OPEN SISTEM.

Sistem yang mengalami pertukaran energi, materi atau informasi dengan lingkungannya. Sistem ini cenderung memiliki sifat adaptasi, dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya sehingga dapat meneruskan eksistensinya.

D. CLOSED SISTEM.

Sistem fisik di mana proses yang terjadi tidak mengalami pertukaran materi, energi atau informasi dengan lingkungan di luar sistem tersebut.

E. RELATIVELY CLOSED SISTEM.

Sistem yang tertutup tetapi tidak tertutup sama sekali untuk menerima pengaruh-pengaruh lain. Sistem ini dalam operasinya dapat menerima pengaruh dari luar yang sudah didefinisikan dalam batas-batas tertentu .

F. ARTIFICIAL SISTEM.

Sistem yang meniru kejadian dalam alam. Sistem ini dibentuk berdasarkan kejadian di alam di mana manusia tidak mampu melakukannya. Dengan kata lain tiruan yang ada di alam.

G. NATURAL SISTEM.

     Sistem yang dibentuk dari kejadian dalam alam.

H. MANNED SISTEM.

Sistem penjelasan tingkah laku yang meliputi keikut sertaan manusia.

 

5. METODE SISTEM

A. BLACKBOX APPROACH.

Suatu sistem dimana input dan outputnya dapat didefinisikan tetapi prosesnya tidak diketahui atau tidak terdefinisi.

Metode ini hanya dapat  dimengerti oleh pihak dalam ( yang menangani ) sedangkan pihak luar hanya mengetahui masukan dan  hasilnya. Sistem ini terdapat pada subsistem tingkat terendah.

B. ANALITYC SISTEM.

Suatu metode yang mencoba untuk melihat hubungan seluruh masalah  untuk menyelidiki kesistematisan tujuan dari sistem yang tidak efektif dan evaluasi pilihan dalam bentuk ketidak efektifan dan biaya.

6. PENGERTIAN ANALISIS SISTEM

Suatu sistem akan dirancang oleh satu orang atau sekelompok orang yang

     membentuk tim.  Orang  yang  merancang  sistem  ini  disebut Sistem Analis.

     Ada yang mendefinisikan sistem analis sebagai :

- Seorang yang menggunakan pengetahuan aplikasi komputer yang dimilikinya

      untuk memecahkan masalah-masalah bisnis dibawah petunjuk manajer

      sistem.

- Seorang yang bertanggung jawab menterjemahkan kebutuhan-kebutuhan si

      pemakai sistem (user) kedalam spesifikasi teknik  yang diperlukan oleh

      programmer dan diawasi oleh manajemen.

 

7. FUNGSI SISTEM ANALIS

     Fungsi Sistem Analis :

-          Mengidentifikasikan masalah-masalah dari pemakai / user.

-          Menyatakan secara spesifik sasaran yang harus dicapai untuk memenuhi kebutuhan user.

-          Memilih alternatif-alternatif metode pemecahan masalah.

-          Merencanakan dan menerapkan rancangan sistemnya sesuai dengan permintaan user.

 

 

Job Programmer

 

Dalam melakukan sesuatu harus diawali dengan niat dan usaha, apalagi saat ini dalam dunia usaha sangat sulit sekali untuk mendapatkan pekerjaan karena sangat berbanding terbalik antara lowongan pekerjaan dengan para pencari pekerjaan. Seperti yang telah diketahui angka pengangguran sangat besar di Indonesia.

Lowongan pekerjaan yang saat ini dibutuhkan adalah dalam bidang Programmer. Sebelumnya kita harus tahu terlebih dahulu apa itu programmer. Programmer   adalah   individu   yang   bertugas   dalam   hal   rincian implementasi,  pengemasan,  dan modifikasi  algoritma serta struktur data, dituliskan   dalam   sebuah   bahasa   pemrograman   tertentu. Pekerjaan ini selain sulit mendapatkannya karena harus memiliki kemampuan dalam bidang ini juga karena saingannya yang banyak.

 

KETERAMPILAN   YANG   HARUS   DIMILIKI   SEORANG PROGRAMMER

Membaca   kode   sumber   sebuah   program,   dari   yang   sederhana   hingga relative   kompleks,   adalah   keterampilan   yang   harus   dimiliki   oleh   seorang programmer.   Istilah   program  di   sini   digunakan   tidak   hanya   dalam  pengertian aplikasi utuh, namun juga mencakup level segmen kode, fungsi/subrutin, pustaka atau modul yang digunakan oleh sebuah aplikasi utuh. Manfaat dari terbiasanya kita membaca program adalah semakin banyaknya sumber informasi yang dapat kita gunakan untuk memecahkan masalah.

KEWAJIBAN PROGRAMMER

Buat para programmer, Coding adalah kewajiban. Sama halnya menghafal obat-obatan   bagi   dokter,  maupun  menghafal   undang-undang   bagi   pengacara. Sebagian programmer menganggap dirinya spesial, karena tidak semua orang IT dapat menguasai salah satu (atau bahkan beberapa) bahasa pemrograman. Seorang programmer memiliki kewajiban sebagai berikut :

1.    Memahami konsep dasar sistem operasi.

Kebanyakan   dari   programmer   Indonesia   biasanya  membuat   aplikasi   di atas sistem operasi, sehingga banyak yang berpendapat bahwa tidak perlu memahami   cara   kerja   sistem  operasi.  Untuk   programmer   profesional, pemahaman   ini   akan  membuat   programmer   lebih   siap  untuk  membuat aplikasi server yang biasanya  multithreaded  dan harus efisien digunakan dalam waktu   yang   lama.   Pemahaman  mendalam  di   salah   satu   sistem operasi juga merupakan nilai tambah yang signifikan. Dengan mengetahui struktur   internal   sistem  operasi   (misalnya   Linux),   programmer   dapat mengetahui berbagai pertimbangan dalam merancang aplikasi besar yang terus berkembang.

2.    Memahami konsep dasar jaringan.

Sebuah aplikasi tidak dapat berjalan sendiri. Aplikasi tersebut pasti harus berhubungan   dengan   internet,   melayani   banyak   pengguna,   atau berhubungan dengan perangkat lain seperti handphone atau PDA. Untuk itu, pemahaman atas konsep jaringan sangat penting.

3.    Memahami konsep dasar relational database.

Setiap   aplikasi   pasti   memiliki   sebuah   database   dalam   penyimpanan datanya   untuk   itu   programmer   khususnya   Database   Programmer ditekankan menguasai relational database.

4.    Karena sekarang jaman internet, maka wajib memahami protokol HTTP, FTP,  POP3,  SMTP,  SSH.  Protokol  HTTP sekarang adalah prokol  yang paling banyak digunakan di internet.

5.    Karena   sekarang   jaman   globalisasi,  maka  wajib  memahami  Unicode. Unicode  itu penting supaya aplikasi  kita  tetap bisa diinstal  di  komputer mana saja.

6.    Lebih dari satu bahasa pemrograman.

Pemahaman lebih dari satu bahasa itu penting agar wawasan programmer lebih  terbuka.  Bahwa  tidak ada bahasa yang one-fit-all,  bahwa ada cara berpikir  yang berbeda dalam  tiap bahasa,  bahwa komunitas  tiap bahasa berbeda   budayanya.  Semua   ini   akan   berkontribusi   dalam  pendewasaan seorang   programmer   dalam   berdiskusi   dan   menanggapi   perbedaan (terutama pendapat).

7.    Cara menggunakan Version Control.

Dalam dunia kerja, penggunaan version control adalah wajib. Ini standar (de   facto)   internasional.   Jika  mempunyai   project   opensource,   baik   di Sourceforge,  Apache,  Codehaus,  dan semua hosting project  opensource, pasti programmer akan diberikan version control.

 

SIKAP PROGRAMMER TERHADAP KLIEN

1.    Mempunyai   sikap & kepribadian baik,  komunikatif,  mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja, cetakan dan fleksibel.

2.    Mampu bekerja berorientasi jadwal, mengatur pekerjaan multiple project dan nerkerja sama dalam team.

3.    Membuat kontrak kerja dengan klien.

4.    Menyukai dan mengerti dasar-dasar pemrograman.

 

Referensi dari

http://id.wikipedia.org/wiki/Etika


http://en.wikipedia.org/wiki/Web_design

Tidak ada komentar:

Posting Komentar