Desain web adalah istilah yang luas yang mencakup
berbagai keterampilan dan disiplin ilmu yang digunakan dalam produksi dan
pemeliharaan website berbagai bidang desain web meliputi; Web desain grafis,
desain interface, authoring, termasuk kode standar dan perangkat lunak
berpemilik, pengalaman pengguna desain dan optimasi mesin pencari. Seringkali
banyak orang akan bekerja dalam tim yang mencakup berbagai aspek dari proses
desain, meskipun beberapa desainer akan meliputi mereka semua. Desain web
Istilah ini biasanya digunakan untuk menggambarkan proses desain yang berkaitan
dengan front end-(sisi client) desain website termasuk menulis mark up, tapi
ini adalah wilayah abu-abu karena hal ini juga dibahas oleh pengembangan web.
Web desainer diharapkan memiliki kesadaran akan kegunaan dan jika peran mereka
melibatkan menciptakan mark up maka mereka juga diharapkan untuk memperoleh
informasi dengan pedoman aksesibilitas web.
Pekerjaan
Ada dua pekerjaan utama yang terlibat dalam menciptakan sebuah situs web: web designer dan web developer, yang sering bekerja sama pada sebuah situs web web designer bertanggung jawab untuk aspek visual, yang meliputi tata letak, warna dan tipografi dari. halaman web. Seorang perancang web juga akan memiliki pengetahuan dasar tentang menggunakan berbagai bahasa seperti HTML, CSS, JavaScript, PHP dan Flash untuk membuat situs, meskipun tingkat pengetahuan mereka akan berbeda dari satu desainer web yang lain. Terutama di organisasi kecil satu orang akan membutuhkan keterampilan yang diperlukan untuk merancang dan pemrograman halaman web penuh, sementara organisasi yang lebih besar mungkin memiliki web designer bertanggung jawab untuk aspek visual saja.
a. Desainer
grafis, untuk menciptakan visual untuk situs seperti logo, layout dan tombol
b.
Spesialis Internet Marketing, untuk membantu menjaga keberadaan web
melalui solusi strategis pada penargetan pemirsa ke situs, dengan menggunakan
teknik pemasaran dan promosi di internet.c. Penulis SEO, untuk penelitian dan merekomendasikan kata-kata yang tepat untuk dimasukkan ke situs web tertentu dan membuat situs web lebih mudah diakses dan ditemukan di search engine banyak.
d. Internet Copywriter, untuk menciptakan konten yang ditulis halaman untuk menarik pemirsa yang ditargetkan dari situs.
e. Pengalaman Pengguna (UX) desainer, menggabungkan aspek pertimbangan desain user terfokus yang meliputi arsitektur informasi, desain user berpusat, pengujian pengguna, desain interaksi, dan desain visual yang kadang-kadang
Sistem Analisis
1. DEFINISI SISTEM
Contoh :
Sistem Komputer
terdiri dari : Software, Hardware, Brainware.
Sistem Akuntansi
Contoh :
- Program perhitungan Basic kita masukkan,
setelah dijalankan kita dapatkan
hasilnya.
- Data mahasiswa
(nama, nilai) diproses menjadi daftar nilai semester (berupa laporan).
Sistem dengan
banyak Input dan Output
Contoh :
Matriks masukannya
banyak, keluarannyapun banyak.
3. KARAKTERISTIK
SISTEM
a. Organisasi
b. Interaksi
c. Interdependensi
d. Integrasi
e. Tujuan pokok
4. KLASIFIKASI SISTEM
A. DETERMINISTIK
SISTEM.
Sistem dimana operasi-operasi (input/output)
yang terjadi didalamnya dapat
ditentukan/ diketahui dengan pasti.
B.
PROBABILISTIK SISTEM.
Sistem yang input dan prosesnya dapat
didefinisikan, tetapi output yang
dihasilkan tidak dapat ditentukan dengan
pasti; (selalu ada sedikit
kesalahan/penyimpangan terhadap ramalan
jalannya sistem).
C.
OPEN SISTEM.
Sistem
yang mengalami pertukaran energi, materi atau informasi dengan lingkungannya.
Sistem ini cenderung memiliki sifat adaptasi, dapat menyesuaikan diri dengan
lingkungannya sehingga dapat meneruskan eksistensinya.
D.
CLOSED SISTEM.
Sistem
fisik di mana proses yang terjadi tidak mengalami pertukaran materi, energi
atau informasi dengan lingkungan di luar sistem tersebut.
E.
RELATIVELY CLOSED SISTEM.
Sistem
yang tertutup tetapi tidak tertutup sama sekali untuk menerima
pengaruh-pengaruh lain. Sistem ini dalam operasinya dapat menerima pengaruh
dari luar yang sudah didefinisikan dalam batas-batas tertentu .
F.
ARTIFICIAL SISTEM.
Sistem
yang meniru kejadian dalam alam. Sistem ini dibentuk berdasarkan kejadian di
alam di mana manusia tidak mampu melakukannya. Dengan kata lain tiruan yang ada
di alam.
G.
NATURAL SISTEM.
Sistem yang dibentuk dari kejadian dalam
alam.
H.
MANNED SISTEM.
Sistem
penjelasan tingkah laku yang meliputi keikut sertaan manusia.
5. METODE SISTEM
A. BLACKBOX APPROACH.
Suatu sistem dimana
input dan outputnya dapat didefinisikan tetapi prosesnya tidak diketahui atau
tidak terdefinisi.
Metode ini hanya
dapat dimengerti oleh pihak dalam ( yang
menangani ) sedangkan pihak luar hanya mengetahui masukan dan hasilnya. Sistem ini terdapat pada subsistem
tingkat terendah.
B. ANALITYC SISTEM.
Suatu metode yang
mencoba untuk melihat hubungan seluruh masalah
untuk menyelidiki kesistematisan tujuan dari sistem yang tidak efektif
dan evaluasi pilihan dalam bentuk ketidak efektifan dan biaya.
6. PENGERTIAN
ANALISIS SISTEM
Suatu sistem akan
dirancang oleh satu orang atau sekelompok orang yang
membentuk tim. Orang
yang merancang sistem
ini disebut Sistem Analis.
Ada yang mendefinisikan sistem analis
sebagai :
- Seorang yang
menggunakan pengetahuan aplikasi komputer yang dimilikinya
untuk memecahkan masalah-masalah bisnis
dibawah petunjuk manajer
sistem.
- Seorang yang
bertanggung jawab menterjemahkan kebutuhan-kebutuhan si
pemakai sistem (user) kedalam spesifikasi
teknik yang diperlukan oleh
programmer dan diawasi oleh manajemen.
7. FUNGSI SISTEM
ANALIS
Fungsi Sistem Analis :
- Mengidentifikasikan masalah-masalah
dari pemakai / user.
- Menyatakan secara spesifik sasaran
yang harus dicapai untuk memenuhi kebutuhan user.
- Memilih alternatif-alternatif metode
pemecahan masalah.
- Merencanakan dan menerapkan rancangan
sistemnya sesuai dengan permintaan user.
Job Programmer
Dalam melakukan sesuatu
harus diawali dengan niat dan usaha, apalagi saat ini dalam dunia usaha sangat
sulit sekali untuk mendapatkan pekerjaan karena sangat berbanding terbalik
antara lowongan pekerjaan dengan para pencari pekerjaan. Seperti yang telah
diketahui angka pengangguran sangat besar di Indonesia.
Lowongan pekerjaan
yang saat ini dibutuhkan adalah dalam bidang Programmer. Sebelumnya kita harus
tahu terlebih dahulu apa itu programmer. Programmer adalah
individu yang bertugas
dalam hal rincian implementasi, pengemasan,
dan modifikasi algoritma serta
struktur data, dituliskan dalam sebuah
bahasa pemrograman tertentu. Pekerjaan ini selain sulit
mendapatkannya karena harus memiliki kemampuan dalam bidang ini juga karena
saingannya yang banyak.
KETERAMPILAN YANG
HARUS DIMILIKI SEORANG PROGRAMMER
Membaca kode
sumber sebuah program,
dari yang sederhana
hingga relative kompleks, adalah
keterampilan yang harus
dimiliki oleh seorang programmer. Istilah
program di sini
digunakan tidak hanya
dalam pengertian aplikasi utuh,
namun juga mencakup level segmen kode, fungsi/subrutin, pustaka atau modul yang
digunakan oleh sebuah aplikasi utuh. Manfaat dari terbiasanya kita membaca program
adalah semakin banyaknya sumber informasi yang dapat kita gunakan untuk
memecahkan masalah.
KEWAJIBAN
PROGRAMMER
Buat para
programmer, Coding adalah kewajiban. Sama halnya menghafal obat-obatan bagi
dokter, maupun menghafal
undang-undang bagi pengacara. Sebagian programmer menganggap
dirinya spesial, karena tidak semua orang IT dapat menguasai salah satu (atau
bahkan beberapa) bahasa pemrograman. Seorang programmer memiliki kewajiban
sebagai berikut :
1. Memahami konsep dasar sistem operasi.
Kebanyakan dari
programmer Indonesia biasanya
membuat aplikasi di atas sistem operasi, sehingga banyak yang
berpendapat bahwa tidak perlu memahami
cara kerja sistem
operasi. Untuk programmer
profesional, pemahaman ini akan
membuat programmer lebih
siap untuk membuat aplikasi server yang biasanya multithreaded
dan harus efisien digunakan dalam waktu
yang lama. Pemahaman
mendalam di salah
satu sistem operasi juga
merupakan nilai tambah yang signifikan. Dengan mengetahui struktur internal
sistem operasi (misalnya
Linux), programmer dapat mengetahui berbagai pertimbangan dalam
merancang aplikasi besar yang terus berkembang.
2. Memahami konsep dasar jaringan.
Sebuah aplikasi
tidak dapat berjalan sendiri. Aplikasi tersebut pasti harus berhubungan dengan
internet, melayani banyak
pengguna, atau berhubungan
dengan perangkat lain seperti handphone atau PDA. Untuk itu, pemahaman atas
konsep jaringan sangat penting.
3. Memahami konsep dasar relational database.
Setiap aplikasi
pasti memiliki sebuah
database dalam penyimpanan datanya untuk
itu programmer khususnya
Database Programmer ditekankan
menguasai relational database.
4. Karena sekarang jaman internet, maka wajib
memahami protokol HTTP, FTP, POP3, SMTP,
SSH. Protokol HTTP sekarang adalah prokol yang paling banyak digunakan di internet.
5. Karena
sekarang jaman globalisasi,
maka wajib memahami
Unicode. Unicode itu penting
supaya aplikasi kita tetap bisa diinstal di
komputer mana saja.
6. Lebih dari satu bahasa pemrograman.
Pemahaman lebih
dari satu bahasa itu penting agar wawasan programmer lebih terbuka.
Bahwa tidak ada bahasa yang
one-fit-all, bahwa ada cara berpikir yang berbeda dalam tiap bahasa,
bahwa komunitas tiap bahasa
berbeda budayanya. Semua
ini akan berkontribusi dalam
pendewasaan seorang
programmer dalam berdiskusi
dan menanggapi perbedaan (terutama pendapat).
7. Cara menggunakan Version Control.
Dalam dunia kerja,
penggunaan version control adalah wajib. Ini standar (de facto)
internasional. Jika mempunyai
project opensource, baik di Sourceforge, Apache,
Codehaus, dan semua hosting
project opensource, pasti programmer
akan diberikan version control.
SIKAP PROGRAMMER
TERHADAP KLIEN
1. Mempunyai
sikap & kepribadian baik,
komunikatif, mudah beradaptasi
dengan lingkungan kerja, cetakan dan fleksibel.
2. Mampu bekerja berorientasi jadwal, mengatur
pekerjaan multiple project dan nerkerja sama dalam team.
3. Membuat kontrak kerja dengan klien.
4. Menyukai dan mengerti dasar-dasar
pemrograman.
Referensi dari
http://id.wikipedia.org/wiki/Etika
http://en.wikipedia.org/wiki/Web_design
Tidak ada komentar:
Posting Komentar