Sabtu, 08 Oktober 2011

Tawuran antar remaja


Maraknya tingkah laku agresif akhir-akhir ini yang dilakukan kelompok remaja kota merupakan sebuah kajian yang menarik untuk dibahas. Perkelahian antar pelajar yang pada umumnya masih remaja sangat merugikan dan perlu upaya untuk mencari jalan keluar dari masalah ini atau setidaknya mengurangi.
TUJUAN
Tujuan pembahasan ini adalah mengetahui rangsangan atau pengaruh ter hadap agresivitas yang dilakukan oleh remaja kota, membahas pengaruh identitas kelompok yang sangat kuat yang menyebabkan timbul sikap negatif dan mengeksklusifkan kelompok lain, mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang memicu perilaku remaja kota serta mencari penanggulangan yang tepat dalam menyikapi kenakalan remaja kota.
Selain itu tujuan dari pada studi kasus sekarang ini secara umum adalah untuk menjelaskan fenomena tawuran antar pelajar baik dari segi atau faktor yang menyebabkan tawuran pelajar, motivasi para pelajar untuk ikut tawuran, dan bagaimana peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam menghambat kekerasan yang ada di kalangan pelajar saat ini.
Uraian Kasus
Jumat (30/9/2011) tawuran antara siswa  SMA 70 dengan siswa yang diduga berasal SMA 82 Jakarta. Peristiwa tawuran tersebut terjadi sekitar pukul 18.30 WIB, entah mengapa sejumlah siswa yang diduga SMA Negeri 82 Jakarta mendatangi kawasan Bulungan, Jakarta Selatan. Melihat puluhan siswa SMA 70 Jakarta yang telah berkumpul di GOR Bulungan, maka pecahlah tawuran tersebut. "Diduga (SMA 70) melawan SMA 82, tawuran bubar setelah petugas datang," kata Kapolsek Kebayoran Baru, Kompol Hando di lokasi kejadian, Jumat (30/9/2011). Petugas dari Polsek Kebayoran Baru dan Polres Jakarta Selatan yang datang menyisir Jalan Mendawai dan menggeledah sejumlah pelajar yang berkumpul. Hasilnya tiga gear motor dan satu golok ditemukan di parit jalan tersebut. Pelajar yang menggunakan motor itu lalu dibubarkan oleh petugas.
Polisi lalu mendapat informasi bahwa sejumlah pelajar masih berkerumun di dalam GOR Bulungan. Mereka lalu mengumpulkan pelajar dihalaman GOR Bulungan, disana petugas kembali menemukan satu gear motor dan dua stik golf. Salah seorang pelajar SMA 70, Adfais mengatakan dirinya sedang berada di kamar kecil dalam GOR Bulungan lalu mendapatkan teriakan."Saya didalam, lalu terdengar teriakan ada serangan, saya langsung keluar," ujar pelajar kelas XI IPS.Kompol Hando mengatakan perlu adanya kerjasama dengan pihak sekolah dan orangtua agar tawuran dapat dicegah. "Guru dan komite sekolah harus duduk bersama menyelesaikan masalah ini," katanya.
Solusi untuk mengatasi tawuran
Kasus tawuran antar pelajar merupakan salah satu kasus yang sering dijumpai di masyarakat. Seringkali para pelajar bertindak bodoh dengan melakukan tawuran oleh hal-hal sepele. Fenomena ini merupakan masalah yang timbul akibat dari perubahan nilai yang dianut oleh segelintir pelajar . Pelajar pada umumnya tidak menyukai ajaran kekerasan seperti tawuran dan lain sebagainya, akan tetapi sebagian lain menilainya secara keliru akibat beberapa faktor antara lain faktor pribadi atau internal, sekolah, keluar ga, dan lingkungan. Oleh karena itu kasus tawur an antar pelajar yang selama ini banyak terjadi merupakan sebuah masalah sosial, dikarenakan adanya perubahan nilai yang dianut sebagian pelajar yang melakukan aksi tawuran ini.

Teori Dr yfoos dia menyebutkan untuk mengatasi tawuran pelajar atau kenakalan remaja pada umumnya har us diadakan program yang meliputi unsur-unsur berikut:
. Tinggi Risiko Perilaku Diantara Remaja
-Penyalahgunaan zat
-Perilaku seksual
-Kekerasan
-
Depresi
-kegagalan dalam sekolah

Perilaku berisiko tinggi dimulai lebih awal dari sebelumnya
Kendali Layanan Sekolah:
-Banyak perhatian individu
-Berat penekanan pada keterlibatan orang tua
-Layanan untuk orang tua
-Pusat kesehatan dan ruang keluarga sumber daya
-Setelah-kegiatan sekolah
-Budaya dan kegiatan masyarakat
-Apa yang berhasil dalam pencegahan kenakalan

Individu tingkat:
-Awal intervensi dengan anak-anak, orang tua
-
Kereta tua, kunjungan rumah
-Melatih pemuda dalam keterampilan pemecahan masalah
-Kurikulum yang relevan
-Akademik penguat sesi
-Melibatkan remaja dalam perencanaan program

SUMBER:
 Tribunnews.com
http://www.uiowa.edu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar