Minggu, 30 Juni 2013

Dimensi struktur organisasi




A.    Kompleksitas


Mempertimbangkan tingkat diferensiasi yang ada dalam organisasi termasuk di dalamnya tingkat spesialisasi atau tingkat pembagian kerja, jumlah tingkatan di dalam hirarki organisasi serta tingkat sejauh mana unit-unit organisasi tersebar secara geografis.

Diferensiasi :

 Diffrensiasi horizontal,  merujuk pada tingkat diferensiasi antara unit-unit berdasarkan orientasi para anggota, sifat dari tugas yang dilaksanakan, dan tingkat pendidikan dan pelatihannya.
Spesialisasi adalah pengelompokkan aktivitas tertentu yang dilakukan satu individu.

Spesialisasi fungsional = pembagian kerja.

Spesialisasi social =  individunya yang dispesialisasi

Departementalisasi : cara organisasi secara khas mengkoordiinasikan aktivitas yang telah dideferensiasi secara horizontal. Misal : Berdasarkan fungsi; geografis;produk; proses

Diffrensiasi vertical,  merujuk pada kedalaman struktur
Misal : organisasi berbentuk tall atau flat, tergantung dari rentang kendali (span of control)

Diferensiasi Spasial,  tingkat sejauh mana lokasi dari kantor,pabrik, dan personalia sebuah organisasi tersebar secara geografis.
B.  Formalisasi
Formalisasi, yaitu sejauh mana organisasi menyandarkan dirinya pada peraturan dan prosedur untuk mengatur perilaku dari para pegawainya.

Keuntungan adanya standarisasi :

  Standarisasi perilaku akan mengurangi keanekaragaman Memudahkan koordinasi
  Adanya penghematan
Formalisasi :

a.            Bersifat eksternal bagi pegawai, peraturan, prosedur, dan aturan ditetapkan   secara terinci,     dikodifikasi, & dilaksanakan  melalui pengawasan langsunng

b.           Perilaku yang diinternalkan, melalui nilai, norma

Teknik-teknik Formalisasi

·           Seleksi

·           Persyaratan peran

·           Peraturan, prosedur, dan kebijaksanaan.

·           Pelatihan

·              Ritual.

C.     Sentralisasi
Sentralisasi, tingkat di mana pengambilan keputusan dikonsentrasikan pada suatu titik  tunggal di dalam organisasi

Hambatan sentralisasi :

·           Hanya memperhatikan struktur formal.

·           Memperhatikan kebebasan dalam pengambilan keputusan.

·           Konsentrasi pada seseorang, unit atau tingkat.

·           Kontrol dari top manajemen, tetapi keputusan tetap terletak pada anggota tingkat rendah.

Keuntungan desentralisasi :

·           setiap manajer mempunyai keterbatasan terhadap jumlah informasi

·           Dapat menanggapi perubahan dengan cepat.

·           Memberi masukan lebih rinci bagi pengambil keputusan.

·           Memotivasi pegawai untuk memberi kesempatan dlm pengambilan keputusan.

·           Memberi peluang pelatihan bagi manajer tingkat rendah.

Keuntungan sentralisasi :

·           Keputusan komprehensif yang akan diambil.


·           Penghematan dan lebih efekti


SSumber:
id.wikipedia.org/wiki/Struktur_organisasi

s
s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar